Ciri Ciri 4 Karakter Tersebut

Emosi Sanguinis Populer
Kepribadian yang menarik
Suka bicara, suka berbicara
Menghidupkan pesta
Rasa humor yang hebat
Ingatan kuat untuk warna
Secara fisik mernukau
pendengar
Emosional dan demonstratif
Antusias dan ekspresif
Periang dan penuh semangat
Penuh rasa ingin tahu
Baik di panggung
Lugu dan polos
Hidup di masa sekarang
Mudah diubah
Berhati tulus
Selalu kekanak-kanakan

SANGUINIS POPULER DI PEKERJAAN

Sukarelawan untuk tugas
Memikirkan kegiatan bani
Tampak hebat di permukaan
Kreatif dan inovatif
Punya energi dan antusiasme
Mulai dengan cara cemerlang
Mengilhami orang lain untuk ikut
Mempesona orang lain untuk bekerja

SANGUINIS POPULER SEBAGAI TEMAN

Mudah berteman
Mencintai orang
Suka dipuji
Tampak menyenangkan

SANGUINIS POPULER SEBAGAI ORANGTUA

Membuat rumah menyenangkan
Disukai teman anak-anak
Mengubah bencana menjadi humor
Merupakan pemimpin sirkus

SANGUINIS POPULER SEBAGAI TEMAN

Dicemburui orang lain
Bukan pendendam
Cepat minta maaf
Mencegah saat membosankan
Suka kegiatan spontan

============================
Koleris atau Dominan
Ekstrovert • Pelaku • Optimis
============================

EMOSI KOLERIS KUAT
Berbakat pemimpin
Dinamis dan aktif
Sangat memerlukan perubahan
Harus memperbaiki kesalahan
Berkemauan kuat dan tegas
Tidak emosional bertindak
Tidak mudah patah semangat
Bebas dan mandiri
Memancarkan keyakinan
Bisa menjalankan apa saja

KOLERIS KUAT DI PEKERJAAN

Berorientasi target
Melihat seluruh gambaran
Terorganisasi dengan balk
Mencari pemecahan praktis
Bergerak cepat untuk bertindak
Mendelegasikan pekerjaan
Menekankan pada hasil
Membuat target
Merangsang kegiatan
Berkembang karena saingan

KOLERIS KUAT SEBAGAI TEMAN

Tidak terlalu perlu teman
Mau bekerja untuk kegiatan
Mau memimpin dan mengorganisasi
Biasanya selalu benar
Unggul dalam keadaan darurat

KOLERIS KUAT SEBAGAI ORANG TUA

Memberikan kepemimpinan kuat
Menetapkan tujuan
Memotivasi keluarga untuk kelompok
Tahu jawaban yang benar
Mengorganisasi rumah tangga

============================
Phlegmatis atau Stabil
Introvert • Pengamat • Pesimis
============================

EMOSI PHLEGMATIS DAMAI
Kepribadian rendah hati
Mudah bergaul dan santai
Diam, tenang, dan mampu
Sabar, baik keseimbangannya
Hidup konsisten
Tenang tetapi cerdas
Simpatik dan baik hati
Menyembunyikan emosi
Bahagia menerima kehidupan
Serba guna

PHLEGMATIS DAMAI SEBAGAI ORANG TUA
Menjadi orangtua yang baik
Menyediakan waktu bagi anak-anak
Tidak tergesa-gesa
Bisa mengambil yang baik dari yang buruk
Tidak mudah marah

PHLEGMATIS DAMAI DI PEKERJAAN

Cakap dan mantap
Damai dan mudah sepakat
Punya kemampuan administratif
Menjadi penengah masalah
Menghindari konflik
Baik di bawah tekanan
Menemukan cara yang mudah

PHLEGMATIS DAMAI SEBAGAI TEMAN

Mudah diajak bergaul
Menyenangkan
Tidak suka menyinggung
Pendengar yang baik
Selera humor yang mengigit
Suka mengawasi orang
Punya banyak teman
Punya belas kasihan dan perhatian

============================
Melankolis atau type Cermat
Introvert • Pemikir • Pesimis
============================

EMOSI MELANKOLIS SEMPURNA

Mendalam dan penuh pikiran
Analitis
Serius dan tekun
Cenderung jenius
Berbakat dan kreatif
Artistik atau musikal
Filosofis dan puitis
Menghargai keindahan
Perasa terhadap orang lain
Suka berkorban
Penuh kesadaran
Idealis

MELANKOLIS SEMPURNA SEBAGAI ORANGTUA

Menetapkan standar tinggi
Ingin segalanya dilakukan dengan benar
Menjaga rumah selalu rapi
Merapikan barang anak-anak
Mengorbankan keinginan sendiri untuk yang lain
Mendorong intelegensi dan bakat

MELANKOLIS SEMPURNA DI PEKERJAAN

Berorientasi jadwal
Perfeksionis, standar tmggi
Sadar perincian
Gigih dan cermat
Tertib dan terorganisasi
Teratur dan rapi
Ekonomis
Melihat masalah
Mendapat pemecahan kreatif
Perlu menyelesaikan apa yang dimulai
Suka diagram, grafik, bagan, daftar,

MELANKOLIS SEMPURNA SEBAGAI TEMAN

Hati-hati dalani berteman
Puas tinggal di latar belakang
Menghindari perhatian
Setia dan berbakti
Mau mendengarkan keluhan
Bisa memecahkan masalah
Sangat memperhatikan orang lain
Terharu oleh air mata penuh belas kasihan
Mencari teman hidup idealwew

4 macam Karakter Manusia

Banyak para ahli yang mendefinisikan kepribadian. Salah satu yang paling penting menurut Gordon W.Allport. Kepribadian adalah suatu organisasi yang dinamis dari sistem psiko-fisik indvidu yang menentukan tingkah laku dan pemikiran indvidu secara khas. Terjadinya Interaksi psiko-fisik mengarahkan tingkah laku manusia. Maksud dinamis pada pengertian tersebut adalah perilaku mungkin saja berubah-ubah melalui proses pembelajaran atau melalui pengalaman-pengalaman, reward, punishment, pendidikan dsb. Misalnya seorang pemalas setelah masuk AKPER menjadi rajin, maka kepribadiannya berubah. Perilaku SMA berubah menjadi perilaku mahasiswa AKPER
Dalam hal ini, saya akan mendeskripsikan tipe-tipe kepribadian manusia menurut pembagian ‘sanguin-melankolis-plegmatis-kolerik’ (gw ga terlalu mendalami psikologi, jd g tau yg ini ni disebut pembagian menurut apa, coz ada lagi yg dibagi menjadi SK-RK-SA-RA type).

Tipe Sanguin
Tipe Sanguin adalah tipe yang paling terbuka diantara semua tipe perangai. Bahkan tipe ini dapat disebut super terbuka. Orang Sanguin adalah orang yang suka berbicara mudah menyesuaikan diri ramah hangat dan penuh humor dan responsive. Tipe Sanguin tidak tahan melihat orang asing didepan mereka tanpa memberi tanggapan kepadanya. Orang Sanguin adalah orang yang suka bergaul dan spontan. Mereka jarang kwatir akan masa depan dan masa lalu, mereka menikmati lebih banyak kegembiraan dari hari-hari yang dilaluinya dibandingkan dengan tipe-tipe lainnya. Orang Sanguin biasanya bukan pemikir berat , mereka menafsirkan kejadian –kejadian yang ada dengan cepat. Kadang-kadang mereka mendapat kesulitan karena jarang mengantisipasi dari pilihan itu atau tindakan mereka. Perasaan mereka mempunyai peranan yang sangat dominan didalam segala sesuatu, sehingga mereka cenderung membuat keputusan-keputusan yang bersifat emosional. Belajar dari pengalaman, keputusan-keputusan yang bersifat emosional hampir selalu merupakan keputusan-keputusan yang buruk.
Sanguin adalah orang yang gembira, yang senang hatinya, mudah untuk membuat orang tertawa, dan bisa memberi semangat pada orang lain. Tapi kelemahannya adalah dia cenderung impulsive, yaitu orang yang bertindak sesuai emosi atau keinginannya.

Tipe Kolerik
Tipe kolerik adalah juga tipe terbuka tetapi biasanya tingkat keterbukaannya lebih rendah daripada tipe Sanguin yang super terbuka. Orang Kolerik adalah juga orang yang aktif, semangat pekerja keras, ambisius, motivator bagi orang lain. Karena sifatnya yang berkemauan keras mandiri dan berpendidikan keras, orang kolerik cenderung keras kepala. Kompromi merupakan hal yang sangat sulit bagi mereka kecuali kompromi itu bermanfaat bagi tujuan yang mereka miliki. Mereka mempunyai tujuan untuk segala sesuatu dari kesehatan jasmani sampai tingkah laku anak. Mereka adalah tipe yang suka mengambil alih , yang suka memerintah orang-orang lain disekeliling mereka, tidak peduli apakah ornag itu menyukainya atau tidak. Orang Kolerik tidak pernah untuk mencoba untuk tidak menguasai suatu situasi dan mereka hidup penuh dengan pertentangan. Bagian dari sifat dasar mereka yang belum berkembang adalah emosi mereka. Mendapatkan persetujuan dari mereka hampir merupakan hal yang tidak mungkin. Mencapai tujuan mereka adalah ambisi bagi orang Kolerik, dan beberapa orang Kolerik mendapatkan reputasi mereka dengan memperalat orang lain.
Seseorang yang kolerik adalah seseorang yang dikatakan berorientasi pada pekerjaan dan tugas, dia adalah seseorang yang mempunyai disiplin kerja yang sangat tinggi. Kelebihannya adalah dia bisa melaksanakan tugas dengan setia dan akan bertanggung jawab dengan tugas yang diembannya. Kelemahan orang yang berciri kolerik adalah kurangnya kemampuan untuk bisa merasakan perasaan orang lain (empati), belas kasihannya terhadap penderitaan orang lain juga agak minim, karena perasaannya kurang bermain.

Tipe Melankolik
Tipe yang paling berbakat dari semua tipe adalah tipe Melankolik sekalipun mereka tipe paling akhir yang menghargai bakat mereka sendiri. Tipe Melankolik mempunyai sifat dasar yang tertutup. Mereka sering mempunyai tingkat kecerdasan yang tinggi dan bersifat estetis yang mendalam sehingga mereka lebih menghargai seni dibandingkan dengan perangai yang lainnya. Tipe Melankolik cenderung suka murung dan mudah putus. Orang Melankolik dilahirkan sebagai orang pefeksionis, sering meremehkan diri mereka sendiri untuk tidak tidak melakukan dengan lebih baik walaupun pada kenyataannya produktivitas mereka lebih daripada kebanyakan perangai lainnya. Mereka adalah orang yang mau mengorbankan diri sendiri, serius, dan takut akan kegagalan. Mereka mempunyai sifat dasar yang teliti, hidup dengan tantangan atau visi untuk menginvestasikan hidup mereka, tetapi jarang dapat menghasilkan sendiri.
Tipe melankolik adalah orang yang terobsesi dengan karya yang paling bagus, yang paling sempurna dan dia memang adalah seseorang yang mengerti estetika keindahan hidup ini. Perasaannya sangat kuat, sangat sensitif maka kita bisa menyimpulkan bahwa cukup banyak seniman yang memang berdarah melankolik. Kelemahan orang melankolik, ia mudah sekali dikuasai oleh perasaan dan cukup sering perasaan yang mendasari hidupnya sehari-hari adalah perasaan murung.

Tipe Plegmatik
Tipe Plegmatik merupakan orang yang tertutup yang sangat diam, tidak menuntut kalem dan lambat. Mereka tidak pernah menjadi gelisah membuat malu diri mereka sendiri dengan meminta maaf untuk segala sesuatu yang telah mereka katakana. Mereka jarang mengeluarkan ide-ide atau perasaan jika mereka tidak yakin mereka tidak akan melukai atau menyakiti orang lain. Orang plegmatik merupakan orang yang sangat baik dengan sifat yang bahagia dan menyenangkan. Banyak yang dari mereka sangat lucu karena mereka mempunyai daya humor. Mereka dilahirkan dengan bakat diplomat dan pembawa damai, mereka dicintai oleh anak-anak. Orang-orang Plegmatik merupakan teman yang menyenangkan dan tidak menakutkan, dua dari kelemahan mereka yang utama adalah rasa takut dan egois, walaupun mereka menunjukkan sikap ini dengan sangat diplomatis sehingga bahkan beberapa teman baik mereka tidak mengenal mereka.
Tipe plegmatik adalah orang yang cenderung tenang, dari luar cenderung tidak beremosi, tidak menampakkan perasaan sedih atau senang. Naik turun emosinya itu tidak nampak dengan jelas. Orang ini memang cenderung bisa menguasai dirinya dengan cukup baik, ia intorspektif sekali, memikirkan ke dalam, bisa melihat, menatap dan memikirkan masalah-masalah yang terjadi di sekitarnya. Kelemahan orang plegmatik adalah ia cenderung mau ambil mudahnya, tidak mau susah, sehingga suka mengambil jalan pintas yang paling mudah dan gampang.

Ada anekdot dari saya (dari penulis blog ini sendiri dong, namanya jg ngasih opini) yang kurang lebih menggambarkan tipe mereka berempat ini:
Misalnya, saya mau minta sumbangan, maka supaya kemungkinan dikasih sumbangannya besar, maka saya harus:
kepada sanguin: berkata, “Pak, tetangga si A nyumbang segini, si B nyumbang segitu, ah, saya rasa Bapak bisa lebih besar lagi nyumbangnya”
kepada melankolis: berkata, “Pak, tidakkah bapak sedih jika melihat mereka ga makan hari ini……”
kepada kolerik: berkata, “Kalo bapak nyumbang, maka nama bapak akan terpampang di sini, situ, sana, sinu. bapak bisa jadi terkenal. Usaha bapak bisa gampang laku, dll”
kepada plegmatik: berkata, “Begini, Pak. Mungkin kesempatan beramal baik ini tdk terulang lagi esok hari. Mungkin Bapak enggan menyisihkan dana untuk investasi karena sistemnya yang rumit dan berbelit-belit. Tp, di sini kami justru menawarkan kemudahan spy Bapak tetap bs beramal tp tdk perlu dgn proses yg susah……” (gila banget deh, susah banget klo menurut gw org yg kayak gini, klo gw lg males ngomong).

Perlu diingat, keempat sifat itu bersifat ‘kecenderungan’, artinya semua sifat itu pasti ada pad diri manusia, hanya saja mana yang lebih menonjol itulah kecenderungan sifat orang tsb. Jadi tdk bersifat absolute.

Cara Mempengaruhi Orang Lain

Cara Mempengaruhi Orang Lain

Posted by: melianaaryuni on: 7 Maret 2008

* In: Artikel Psikologi
* Comment!

kom1

Setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda. Saudara-saudara satu keluarga pun mempunyai sifat yang tidak bisa kita samakan. Kakak yang biasanya bertanggung jawab dan sayang kepada adik-adiknya mungkin akan kita temui di kehidupan ini. Bisa jadi kita juga akan menemui kakak yang tidak bertanggung jawab bahkan tidak peduli dengan adik-adiknya.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk memahami orang lain. Memahami orang lain bukan pekerjaan yang mudah. Sewaktu-waktu kita paham pada orang yang kita kenal, tapi di waktu yang lain kita malah terkecohkan dengan pemahaman kita itu. Pengetahuan kita tentang pribadi dan sifat orang yang akan kita temui pun harus kita ketahui.

Ada beberapa pintu (window) yang berlaku dalam kehidupan kita. Pintu pertama, terkadang kita tidak memahami orang lain, namun orang lain yang lebih paham akan diri kita. Untuk itulah kita harus berusaha aktif agar orang yang kita temui bisa kita pahami dengan benar. Kadang kala kita memahami orang lain, tapi orang lain tidak memahami apa yang kita inginkan atau kita pikirkan. Untuk hal itu kita berusaha memberi pemahaman dan penjelasan tentang apa yang kita inginkan atau yang kita pikirkan. Ada juga yang keduanya sama-sama saling memahami sehingga tidak sulit untuk bergaul dengan keduanya.

Kedua poin di atas sangat dekat dengan kehidupan kita, tapi ada beberapa poin yang berbeda dengan kedua pintu ( window) di atas, yaitu Kita dan orang lain tidak saling memahami sehingga sering terjadi perbedaan, yang akhirnya jika tidak dapat diatasi, maka akan timbul suatu permasalahan yang tidak dapat diselesaikan. Untuk itu dibutuhkan usaha yang baik di antara kedua pihak.

Paul Eakman dalam bukunya ‘Memahami Emosi Orang’ menulis bahwa pemahaman kita terhadap orang lain akan menyebabkan komunikasi kita dengan orang lain terjalin dengan harmonis. Dalam berhubungan dengan orang lain, kita sering mengahadapi berbagai kendala. Terkadang kita tidak mengerti pola pemikiran mereka atau perasaan dan emosi orang tersebut. Kita hanya bisa mengatakan “Oh, dia sedang marah” atau ” Aku tahu, dia tidak suka kepadaku !” Dari mana kita bisa menilai semua itu ?

Dalam diri manusia terdapat 3 komponen sikap, yaitu perasaan (emosi), kognitif (pikiran), dan konasi (kemauan/kehendak). Ketiga komponen ini tidak bisa kita tafsirkan secara gamblang kecuali jika dia berubah menjadi suatu perbuatan/tindakan nyata, maka kita akan bisa menyatakan “Dia marah !” dengan tepat.

Kita menafsirkan orang yang suka kucing adalah orang yang penyayang, mungkin pendapat itu ada salah dan benar sehingga kita membutuhkan penguatan yang akhirnya membawa kita untuk menyatakan, “Iya, benar sekali, dia adalah orang yang menyayangi kucing !” Untuk itu kita harus melihat kebiasaannya, emosinya atau perasaannya ketika berhadapan dengan kucing, begitu pun manusia. Untuk memahami manusia lebih mudah dibandingkan dengan hewan karena manusia. Karena apa ? Karena manusia itu mempunyai akal sehingga dia bisa menganalisis apa yang akan dia lakukan ketika dia berhadapan dengan orang yang mempunyai pemikiran, emosi, dan kemauan seperti yang akan dia temui.

Ada beberapa hal yang menurut saya bisa kita lakukan jika ingin memahami orang lain, yaitu :

1. Banyak-banyak bergaul dengan berbagai jenis orang dari berbagai aspek kehidupan, misalnya sosial- ekonomi yang berbeda-beda.

2. Dalam bergaul, perhatikan mimik/ekspresi wajah orang yang kita temui. Belajarlah memprediksi perasaan apa yang sedang mereka alami.

EKSPRESI

3. Galilah penafsiran yang ada itu di dalam pikiran kita dengan mengajaknya berbicara.

4. Pelajari tempramen mereka dengan berbagai tipe ; sanguinis, koleris, phlegmatis, dan melakolik. Silahkan baca tulisan dari /<
5. Pelajari pola pemikiran mereka dengan menyatakan pendapat bila kita suka atau tidak dengan apa yang dia bahas.